KPU Pastikan Kesiapan Pemilu 2019 Sudah 85 Persen

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (duduk kiri), bersama anggota KPU RI Viryan Azis dan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Rachamd Fudail, menguji kekuatan kotak suara Pemilu 2019 dengan duduk di atas kotak suara secara bersamaan pada Apel Kesiapan Logistik Pemilu 2019 di lapangan Sport Center Limboto, Minggu (23/12/2018). (Foto : Haris – Humas)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelenggarakan Pemilu 2019 sudah mencapai 85 persen. Hingga saat ini logistik Pemilu berupa kotak dan bilik suara, segel, dan tinta, sudah terdistribusi ke kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Logistik Pemilu sekarang distribusinya sudah sampai di 514 kabupaten/kota. Dapat dikatakan kesiapan penyelenggaraan pemilu sudah 85 persen, sisanya 15 persen akan kita selesaikan dalam tiga bulan kedepan,” kata anggota KPU RI Viryan Azis pada apel kesiapan logistik pemilu 2019 yang diintegrasikan dengan konsolidasi penyelenggara pemilu se Provinsi Gorontalo tahun 2018 di lapangan Sport Center Limboto, Kabupaten Gorontalo, Minggu (23/12/2018).

Viryan menambahkan, KPU akan mulai mencetak surat suara pada tanggal 2 Januari 2019 bersamaan dengan kebutuhan lainnya. Jumlah surat suara yang akan dicetak untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam negeri sebanyak 190 juta dan DPT luar negeri sebanyak dua juta. Jumlah DPT dalam negeri tersebut tersebar di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota, 7.201 kecamatan, 83.504 desa dan kelurahan, 809.500 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. Menyangkut distribusi logistik, dijelaskannya bahwa kebijakan KPU dalam manajemen logistik yaitu memprioritaskan daerah-daerah yang jauh dan sulit dijangkau.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota memiliki komitmen yang kuat untuk bersama-sama penyelenggara Pemilu untuk mensukseskan Pemilu 2019. Idris berharap, koordinasi dan sinergitas antara pemerintah daerah dengan KPU dan seluruh pihak terkait dapat berjalan dengan baik demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas dan bermartabat.

“Kehadiran saya bersama pak Kapolda dan unsur Forkopimda pada kegiatan ini adalah wujud komitmen kami untuk mendukung KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2019 yang sukses, aman, jujur, adil, berintegritas dan bermartabat,” kata Idris.

Anggota KPU RI, Viryan Azis (kiri), merangkai bahan karton kedap air menjadi kotak suara Pemilu 2019. (Foto : Haris – Humas)

Menyangkut logistik Pemilu 2019, Idris berharap penyelenggara Pemilu dapat mendistribusikannya ke seluruh wilayah Provinsi Gorontalo sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

“Kondisi beberapa desa di Provinsi Gorontalo berada di lokasi yang sulit dijangkau, ada yang di pegunungan, ada pula yang menyeberangi sungai dan lautan. Tentunya hal ini sudah diantisipasi oleh KPU, dan kami berharap logistiknya terdistribusi dengan baik sesuai dengan jadwal,” tutur Wagub Idris Rahim.

Usai apel, Wagub Idris Rahim bersama anggota KPU RI meninjau stan logistik Pemilu 2019. Di stan itu juga disimulasikan pemasangan bahan karton kedap air yang dirangkai menjadi kotak suara. Wagub Idris Rahim, anggota KPU RI Viryan Azis, dan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Rachmad Fudail menguji kekuatan kotak suara dengan secara bersamaan duduk di atas kotak suara Pemilu 2019.

 

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI