HKSN Sisakan 30 Kubik Sampah, DLHK Turun Tangan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo Bambang Trihandoko (tengah, jongkok) bersama tim foto bersama sebelum membersihkan lokasi puncak peringatan HKSN 2018 di Sport Center David-Tonny, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (20/12/2018). (Foto: istimewa).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Pelaksanaan puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018 yang digelar di Sport Center David-Tonny, Kabupaten Gorontalo, Kamis (20/12/2018) telah usai.

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang sudah kembali ke Jakarta sembari Gubernur Gorontalo Rusli Habibie puas dengan kinerja panitia dan semua pihak yang telah ikut mensukseskan.

Di sisi lain, pelaksanaan HKSN 2018 meninggalkan sampah di sekitar lokasi. Beberapa petugas berbaju kuning dengan kantong plastik di tangan nampak mondar-mandir di lokasi acara. Mereka sibuk mengumpulkan sisa dus makanan, botol, kertas dan kantong plastik yang berserakan di lapangan dan di sekitar lokasi acara.

Rupanya ratusan petugas grebek sampah itu sudah disiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo.

“Jauh hari sebelum acara, bapak Gubernur Rusli Habibie sudah berpesan agar acara HKSN tidak meninggalkan sampah. Makanya kami inisiatif untuk turun langsung berkerjasama dengan DLH Kabupaten Gorontalo,” kata Kadis DLHK Provinsi Gorontalo Bambang Trihandoko.

560 personil diturunkan untuk kegiatan tersebut. Mereka terdiri dari PNS, tenaga kontrak dan masyarakat sekitar. Mereka dibagi dan mulai bekerja sejak tanggal 17 Desember hingga 20 Desember 2018.

“Kita antisipasinya sebelum dan sesudah acara. Terlebih sehari sebelum acara puncak ada pameran juga, jadi mereka turun untuk membersihkan lokasi hingga usai acara,” imbuh Bambang.

Pihaknya mengklaim berhasil mengumpulkan 30 kubik sampah selama melakukan operasi. Sampah yang terkumpul dibuang ke TPA Talumelito, Kabupaten Gorontalo.

Untuk aksi grebek sampah tersebut, DLHK menyiapkan 2 unit truk, 5 motor viar dan 500 kantong sampah. Sapu lidi dan masker menjadi modal mereka untuk bersih-bersih sampah.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI