Hadiri HKSN 2018, Menteri Sosial Disambut Adat Mopotilolo

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima adat Mopotilolo dari pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo). Mopotilolo merupakan upacara penyambutan bagi pejabat negeri yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penerimaan adat ini berlangsung di bandara udara Jalaludin Gorontalo, Rabu, (19/12/2018). (Foto – Salman)

Gorontalo, Humas – Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang didampingi Tim dari Kementrian Sosial RI, diterima secara adat Mopotilolo saat berkunjung ke Gorontalo, Rabu (19/12/2018).

Mopotilolo merupakan upacara penyambutan bagi pejabat negeri yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Tiba dengan penerbangan Garuda Indonesia sekitar pukul 17.30 WITA, Mensos Agus bersama rombongan diboyong menuju ruang VVIP bandar udara lama. Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sudah menunggu bersama pemangku adat dengan tabuhan genderang dan tuja’i (pesan-pesan adat) serta dipersilahkan masuk keruangan.

Jamuan teh dan kue tradisional Gorontalo disajikan sebagai pemuka dalam prosesi adat. Selanjutnya, Mensos diberi petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa agar senantiasa diberi kesehatan dan dijauhi dari marabahaya.

Kunjungan Mensos yang didampingi beberapa pejabat tinggi dari Kementrian Sosial RI itu akan berlangsung dua hari. Rabu malam ini, politisi Partai Golkar itu diagendakan menghadiri talkshow refleksi kesetiakawanan sosial di Gedung Pertemuan Rumah Jabatan Gubernur, Kota Gorontalo.

Pada acara tersebut Agus Gumiwang dijadwalkan untuk memberikan penghargaan bagi kepala daerah dan tokoh masyarakat yang berjasa di bidang sosial.

Kamis besok, Mensos bersama rombongan akan menghadiri puncak Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018 di gedung olahraga David-Tonny, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Pewarta : Isham

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI