Sekda Darda Irup Upacara Hari Bakti PU di Gorontalo

Sekretaris Derah Provinsi Gorontalo Darda Daraba (tengah) usai bertindak sebagai Irup pada peringatan Upacara Hari Bakti PU , di dampingi Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo, menyerahkan hadiah kepada pemenang kegiatan pertandingan dan lomba dalam rangka memeriahkan Hari Bakti PU ke-73 Tingkat Provinsi Gorontalo, Senin, (3/12/2018). (Foto – Nova Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Sekretaris Derah Provinsi Gorontalo Darda Daraba bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-73 Tingkat Provinsi Gorontalo, di halaman kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Gorontalo, Senin (3/12/2018).

Dalam sambutannya Sekda Darda yang berkesempatan membacakan amanat Menteri PU-PR RI ini menyampaikan, peringatan Hari Bakti PU yang diperingati setiap 3 Desember ini, tak lepas dari sejarah dan perjuangan para pegawai Departemen Pekerjaan Umum yang rela mengorbankan nyawanya demi mempertahankan Gedung Sate.

“Saat itu, 3 Desember 1945, tentara sekutu Belanda menyerang dan ingin mengambil alih Gedung Sate yang pada waktu merupakan kantor Departemen PU. Namun, berkat perlawanan dan kegigihan tujuh pegawai PU, Gedung Sate dapat dipertahankan meski harus gugur di medan pertempuran,” kata Sekda saat membacakan amanat Menteri PU-PR RI.

Ia menuturkan kekompakan dan semangat juang yang luar biasa dari Pahlawan Sapta Taruna tersebut selalu menjadi inspirasi setiap insan PUPR dalam menjalankan tugas, khususnya pada saat ini dimana pembangunan infrastruktur telah menjadi prioritas dalam rangka mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain.

“Dengan tema Hari Bakti PU tahun ini, “Bakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan Bangsa”, saya mengajak kita semua untuk terus bekerja sama dan menjaga kekompakan dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang merata hingga ujung pelosok wilayah Indonesia sebagai bentuk kehadiran pemerintah dan upaya mempersatukan bangsa,” tambah Sekda

Mantan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol, Kementrian PUPR itu juga mengatakan, saat ini kita telah memasuki akhir tahun ke-4 Kabinet Kerja dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Berbagai capaian Kementerian PUPR telah dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat dan banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Melalui sambutan Menteri PUPR yang dibacakan itu pula, Darda menyampaikan untuk tahun 2019 mendatang, Kementerian PUPR diberikan amanah alokasi anggaran sebesar Rp.110,7 triliyun, yang merupakan alokasi terbesar dari seluruh Kementerian/Lembaga. Kementerian PUPR juga mendapat amanah tambahan untuk mendukung misi penguatan SDM dan perekonomian masyarakat melalui pembangunan sekolah, perguruan tinggi, madrasah, serta pasar induk regional.

“Pak Menteri berharap, saya juga berharap amanah ini menuntut kita semua untuk terus meningkatkan kompetensi. Kita perlu terus menjaga integritas dengan selalu bersikap jujur, konsisten dan tegas menjalankan aturan,” tandasnya.

Usai upacara bendera, peringatan Hari Bakti PU di Provinsi Gorontalo dilanjutkan dengan ramah tamah keluarga besar PU se Provinsi Gorontalo bersama jajaran pemerintah Provinsi Gorontalo. Ramah tamah ini diisi dengan pengumuman hasil kegiatan pertandingan dan lomba dalam rangka memeriahkan Hari Bakti PU ke-73 Tingkat Provinsi Gorontalo serta penyerahan hadiah.

Pewarta : Nova

 

Top of Form

 

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI