Tingkatkan Kompetensi di Bidang Transportasi, STTD Gelar Diklat

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), memukul gong yang menandai dibukanya Diklat STTD di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Rabu (21/11). (Foto : Gusti)

KOTA GORONTALO, Humas – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat di Ruang Dulohupa, Hotel Grand Q Kota Gorontalo. Diklat yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kompetensi di bidang transportasi darat tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Rabu (20/11/2018).

Dalam sambutannya, Ketua Sekolah Tinggi Transportasi Darat yang diwakili oleh Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Tonny Agus menjelaskan, Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini adalah bagian dari program pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di daerah sehingga mampu memberikan peluang bersaing dalam dunia kerja dan meningkatkan prestasi kerja.

“Diklat ini diperuntukkan untuk masyarakat umum, artinya tidak hanya dari instansi pemerintah saja, dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat,” jelas Tonny.

Terkait hal itu Wagub Idris Rahim menyatakan bahwa penyelenggaraan diklat pemberdayaan masyarakat ini merupakan sinergitas dan keterpaduan program antara pemerintah pusat dan provinsi yang mampu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Sinergitas dan keterpaduan itu mudah diucapkan, tapi sulit untuk diimplementasikan. Sinergitas itu menjadi satu keniscayaan atau keharusan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan mengelola transportasi darat,” terang Idris.

Idris menambahkan, pelaksanaan diklat secara umum memiliki tiga tujuan, yaitu memberikan pengetahuan kepada peserta, meningkatkan keterampilan, serta adanya perubahan sikap peserta diklat. Olehnya itu Wagub berpesan kepada peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat dapat mengikuti materi dengan serius dan tekun.

“Saya berharap materi yang diperoleh melalui diklat ini dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, khususnya terkait dengan pengelolaan transportasi darat,” tandasnya.

Tiga jenis diklat yang diselenggarakan dalam kesempatan itu terdiri dari Diklat Manajemen Kepengusahaan Angkutan Umum, Diklat Orientasi Lalu Lintas Angkutan Jalan, dan Diklat Keselamatan Berlalu Lintas Jalan. Diklat yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 21 – 23 November 2018 diikuti oleh 30 peserta.

Pewarta : Gina
Editor : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI