Wagub Buka Muswil FKUB Provinsi Gorontalo

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim memberikan sambutan pada pembukaan Muswil III FKUB Provinsi Gorontalo di Aula Asrama Haji Gorontalo, Selasa (6/11). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) III Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Gorontalo di aula Asrama Haji Gorontalo, Selasa (6/11/2018).

“Muswil FKUB ini harus menjadi momen untuk mengevaluasi eksistensinya dalam membangun dan membina kerukunan umat beragama di Provinsi Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Idris mengutarakan, predikat Provinsi Gorontalo sebagai provinsi teraman di Indonesia tak lepas dari peran FKUB dalam melakukan pembinaan kerukunan umat beragama. Oleh karena itu Wagub Idris Rahim yang juga selaku Dewan Penasehat FKUB Provinsi Gorontalo meminta agar pelaksanaan Muswil FKUB mampu melahirkan program-program yang terarah dan fokus dalam menciptakan kerukunan baik intern maupun antar umat beragama yang mengedepankan rasa kekeluargaan serta persatuan dan kesatuan.

“Kita tidak boleh terlena dengan kondisi daerah kita yang kategorikan sebagai provinsi teraman di Indonesia. Butuh upaya yang sungguh-sungguh dan berkelanjutan dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan Gorontalo yang aman dan damai,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Kudrat Dukalang mengatakan, menciptakan kerukunan umat beragama merupakan kewajiban seluruh warga negara serta instansi pemerintah. Kewajiban tersebut mulai dari tanggungjawab menciptakan ketentraman, keamanan dan ketertiban, termasuk menumbuhkembangkan keharmonisan dan saling pengertian serta saling menghormati.

“Melalui Muswil ini diharapkan akan lahir rekomendasi dan rencana aksi dalam membangun kerja sama yang baik antara kita semua dalam rangka menciptakan kerukunan umat beragama termasuk mendirikan rumah ibadah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Kudrat.

Muswil ke III FKUB Provinsi Gorontalo diikuti oleh 75 peserta utusan dari pengurus FKUB Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo. Turut hadir pada pembukaan Muswil tersebut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Gorontalo, Abdurrahman Bachmid, Ketua FKUB Provinsi Gorontalo KH. Abdulrasyid Kamaru, serta sejumlah perwakilan pimpinan Forkopimda Provinsi Gorontalo.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI