Tanzania Gagas Kerja Sama Pertanian Dengan Pemprov Gorontalo

Pertemuan Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kedua kiri) dengan Menteri Pertanian, Sumber Daya Alam, Peternakan dan Perikanan Republi Tanzania, Rashid Ali Juma, di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Jumat (2/11). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Menteri Pertanian, Sumber Daya Alam, Peternakan dan Perikanan Republik Tanzania, Rashid Ali Juma, bertemu dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Jumat (2/11/2018).

Kedatangan Menteri Pertanian, Sumber Daya Alam, Peternakan dan Perikanan Republik Tanzania tersebut bertujuan untuk memperluas kerja sama di sektor pertanian antara negara yang terletak di benua Afrika bagian timur dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Tujuan utama kami datang ke Gorontalo untuk memperluas kerja sama, membangun komunikasi dan koordinasi di bidang pertanian dan perikanan, khususnya dalam pengembangan kelapa,” kata Rashid Ali Juma.

Rashid Ali Juma mengapresiasi perkembangan sektor pertanian di Provinsi Gorontalo. Menurutnya, Provinsi Gorontalo memiliki keistimewaan dalam pengembangan pertanian dan perikanan. Oleh karena itu pihaknya tertarik untuk menggagas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk memajukan sektor pertanian dan perikanan di Republik Tanzania.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi Daeng Mario menambahkan, kerja sama antara Pemprov Gorontalo dengan Republik Tanzania merupakan implementasi dari kesepakatan kerja sama antara Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan Republik Tanzania. Menurutnya, dipilihnya Gorontalo karena ada kesamaan baik dari segi iklim maupun dari komoditi pertanian yang dikembangkan.

“Menteri Pertanian Tanzania menilai pengembangan pertanian di Gorontalo lebih maju dibandingkan di negaranya. Karena itu pihaknya berharap bisa berbagi informasi, teknologi dan konsep pengembangan pertanian,” jelas Muljadi.

Sementara itu Wagub Idris Rahim menyambut baik rencana kerja sama antara Republik Tanzania dengan Pemprov Gorontalo di sektor pertanian dan perikanan. Idris mengutarakan, ketertarikan pemerintah Tanzania untuk bekerja sama dengan Pemprov Gorontalo, selain merupakan satu kebanggaan, sekaligus merupakan tantangan untuk terus memajukan sektor pertanian yang selama ini menjadi leading sector dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

“Tentunya kita berharap kerja sama ini akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani di Provinsi Gorontalo,” ujar Wagub Idris Rahim.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI