Tingkatkan Minat Baca, Dinas Arpus Gelar Kemah Bakti Literasi

Asisten II Pemprov Gorontalo Sutan Rusdi (dua kiri) saat menghadiri Kemah Bakti Literasi yang berlangsung di obyek wisata Bolihutuo, Kabupaten Boalemo, Rabu (17/8/2018). Kemah bakti literasi yang diikuti oleh siswa, pemerhati perpustakaan dan para pustakawan itu diharapkan dapat melahirkan kreatifitas, inspirasi dan inovasi baru untuk meningkatkan gemar membaca. (Foto: istimewa).

BOALEMO, Humas – Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo menggelar Kemah Bakti Literasi, Rabu (17/10/2018), di obyek wisata Bolihutuo Kabupaten Boalemo. Kemah bakti yang dibuka oleh Asisten  II Setda Provinsi Gorontalo Sutan Rusdi ini, dalam rangka untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Sutan menyampaikan, berdasarkan hasil survei UNESCO minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen, yang  artinya dalam seribu masyarakat hanya ada satu yang memiliki minat baca.

Sutan menyebutkan, di Provinsi Gorontalo jumlah kunjungan perpustakaan masih 2,3 persen dibandingkan Indonesia sebesar 36 persen.

“Perpustakaan diharapkan dapat berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa, sehingga mampu meningkatkan literasi pada masyarakat,” ucap Sutan.

Selain itu lanjutnya, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo melaksanakan program pengembangan perpustakaan. Hal ini sangat beralasan, karena pembangunan tidak hanya dalam bentuk fisik saja tetapi juga yang paling utama adalah pembangunan sumber daya manusia.

“Melalui kemah bakti literasi ini, Saya berharap peserta dapat memahami makna literasi dan keterkaitannya dengan kehidupan, memahami gerakan literasi masyarakat dan menyadari pentingnya melakukan gerakan literasi,” tutur Sutan.

Kemah Bakti Literasi yang dihadiri oleh para siswa siswi SMA, pembina perpustakaan, pemerhati dan tenaga professional perpustakaan serta pustakawan dari kabupaten/kota. Diharapkan acara tersebut dapat melahirkan kreatifitas, inspirasi dan inovasi baru dalam rangka meningkatkan gemar membaca.

Kemah Bakti Literasi juga ditandai dengan penandatangan kerjasama antara Dinas Arpus Provinsi Gorontalo dengan Kapolda, Kajati, dan KPPN Provinsi. Kerjasama dalam bidang peningkatan gemar membaca di daerah.

Pewarta: Suleman-Dinas Arpus

Editor: Burhan

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI