Pemprov Gorontalo Rampungkan Dokumen Budaya Daerah

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba (dua kanan) saat memimpin Forum Terbuka Paparan Akhir Dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) yang digelar di Ruang Huyula, Kantor Gubernuran, Senin (8/10/2018). PPKD diharapkan dapat menjadi dasar dalam pengembangan kebudayaan di Gorontalo. (Foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga telah merampungkan Dokumen Pokok Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Provinsi Gorontalo. PPKD diseminarkan dalam forum terbuka yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Darda Daraba di ruang Huyula Kantor Gubernur, Senin (8/10/2018).

Sekda berharap dokumen tersebut dapat mencerminkan budaya-budaya lokal daerah. Gorontalo sebagai daerah adat dengan falsafah “Adat Bersendikan Sara’ dan Sara’ Bersendikan Kitabullah” harusnya menjadi modal untuk selangkah lebih di depan dibandingkan daerah lain.

“Kenapa saya bilang kita bisa one ahead dari provinsi lain, karena kita punya budaya yang bisa kita jual. Kita punya selogan “Serambi Madinah” yang bisa kita angkat dan tunjukan kepada daerah lain bahwa ini loh Gorontalo,” ungkap Darda.

Darda meminta dinas teknis memberi perhatian lebih bagi kemajuan bidang budaya. Masukan dari para tokoh adat, ulama, akademisi dan pegiat seni budaya layak dirangkum untuk menyusun PPKD. Selanjutnya PPKD menjadi landasan dalam memajukan kebudayaan secara menyeluruh.

“semua pihak harus mempertimbangkan efek globalisasi yang begitu mudah menembus batas-batas wilayah yang membuat budaya lokal tersingkir yang digantikan dengan budaya barat. Tentu hal ini menjadi ancaman bagi perkembangan budaya kita,” imbuhnya.

Semetara itu Plt Kepala Dinas Dikbudpora Ramla Habibie mengatakan, penyusunan PPKD merupakan langkah awal dari proses memajukan budaya lokal sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang nomor 5 tahun 2017.

Forum Terbuka tersebut hadiri oleh Kepala Bidang yang menangani Kebudayaan di Kabupaten/kota, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi serta Tim Penyusun Dokumen PPKD. Hadir pula para Pejabat Esolon III dan IV di lingkungan Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Nova

Editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI