Longki Luruskan Pernyataannya Soal Eksodus Warga Sulteng

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyapa dan mengecek kondisi pengungsi Sulteng yang akan diberangatkan dengan bus ke Gorontalo di Posko Kantor PU Bina Marga Sulteng, Sabtu (6/10/2018). Pemprov sudah memberangkatkan 436 orang pengungsi dengan tiga pemberangkatan yakni 4 Oktober sebanyak 51 orang, 5 Oktober 99 orang dan 6 Oktober 286 orang. (Foto: Salman-Humas).

PALU, Humas – Kunjungan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ke Palu, Sabtu (6/10/2018) dimanfaatkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola untuk meluruskan pernyataannya yang sempa viral beberapa hari lalu.

Pernyataan tentang warga Sulteng yang ramai-ramai keluar dari Sulteng pasca diguncang gempa dan tsunami, Jumat pekan lalu.

“Saya minta maaf kalau ada pernyataan-pernyataan saya yang mungkin (saat itu) saya galau. tetapi terus terang itu semua ditujukan kepada orang orang tertentu. Tidak bermaksud mengatakan kepada warga saya,” terang Longki.

Gubernur Sulteng dua periode itu mengaku kecewa dengan ulah pendatang yang dinilainya hanya mengeruk untung dari daerah. Saat ditimpa bencana, mereka menjadi orang pertama yang keluar dari Sulteng.

Bencana harusnya dihadapi secara bersama sama dan saling menguatkan satu sama lain. Sebagai Gubernur, Longki menggaransi bahwa ia tidak akan lari dan bertanggungjawab penuh memulihkan Sulteng pasca bencana.

“tolonglah dipahami (pernyataan saya), ini adalah kondisi yang harus saya ungkapkan dan saya bertanggung jawab dengan apa yang saya ungkapkan,” imbuhnya.

Longki juga merestui langkah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang memimpin langsung proses evakuasi pengungsi asal Gorontalo ke kampung halamannya. Menurut Longki hal tersebut adalah wajar di tengah kondisi Palu dan sekitarnya yang belum kondusif.

Pemprov Gorontalo mendata ada 1029 orang warga Sulteng asal Gorontalo yang ingin pulang kampung. 436 orang di antaranya sudah diberangkatkan sebanyak tiga kali yakni 4 Oktober sebanyak 51 orang, 5 Oktober 99 orang dan 6 Oktober 286 orang.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI