Pemprov Gorontalo Pertimbangkan Bangun Posko Permanen di Palu

Suasana proses pengangkutan logistik bantuan oleh petugas Dinas Sosial Pemprov Gorontalo untuk dikirimkan kepada korban gempa di Sulawesi Tengah , Selasa (2/10/2018). Hari ini pemprov kembali mengirimkan bantuan sebanyak 25 Ton ke Palu dan sekitarnya yang berasal dari bantuan pemerintah dan sumbangan warga Gorontalo. (Foto: Haris-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo sedang mempertimbangkan rencana pembangunan posko permanen di kota Palu, Sulawesi Tengah menyusul gempa dan tsunami yang terjadi Jumat pekan lalu. Posko itu diharapkan bisa melayani warga terdampak selama proses tanggap darurat hingga masa pemulihan nanti.

“Konsentrasi kita semua di sana (Palu), jadi semua bahan makanan ada di Palu. Secara bertahap kita akan buat manajemen posko jangka panjang. Rencana ini akan kami bahas dengan pak Gubernur, Rabu besok,” terang Kepala Bapppeda Budiyanto Sidiki, Selasa (2/10/2018).

Posko yang dimaksud Budi yakni posko bantuan dan relawan tim dari Pemprov Gorontalo yang beralamat di halaman kantor Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah di Jl. Prof. Muhammad Yamin, Kompelks Kantor Gubernuran Sulteng.

Di lokasi tersebut tersedia dapur umum, tenda pengungsian dan bahan logistik untuk para korban. Secara bertahap, tim dari Dinas Kesehatan Gorontalo yang bergabung dengan tim kesehatan Kemenkes akan berada dalam satu lokasi yang sama.

“Posko itu jadi nanti posko yang terintegrasi, kita siapkan untuk jangka waktu yang panjang. Personilnya akan secara berkala kita kirim dari Gorontalo secara bergantian. Lokasinya nanti akan kita cek sekaligus rencana kunjungan pemprov ke sana,” imbuhnya.

Pemprov Gorontalo Terus Salurkan Bantuan

Untuk kesekian kalinya, Pemprov Gorontalo kembali menyalurkan bantuan bagi korban gempa dan Tsunami di Palu dan sekitarnya, Selasa sore (2/10/2018). Bantuan seberat 25 Ton tersebut berasal dari pemerintah, sumbangan masyarakat, LSM, ormas dan lintas sektor.

Bantuan yang diangkut oleh 5 truk dan 2 pikap tersebut dilepas oleh Wakil Gubernur Idris Rahim. Bantuan akan terus dikirim setiap hari bergantung dari ketersediaan bantuan di gudang logistik Dinas Sosial.

Data dari posko penerimaan bantuan, hingga selasa siang terdapat 22 jenis barang bantuan yang masuk yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, mi instan, ikan kaleng, makanan tambahan ibu hamil dan balita, susu dan air mineral.

Ada juga bantuan selimut, biskuit, teh kotak, popok, pakaian layak pakai, terpal, tikar, makanan dan minuman, perlengkapan mandi, obat-obatan, paket sembako, tisu basa dan pembalut. Bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan dapat menghubungi posko bantuan di Kantor Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Jalan Brigjen Piola Isa, Kelurahan Dulomo Selatan, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo.

Pewarta: Isam/Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI