Wagub Gorontalo Irup Hari Agraria dan Tata Ruang 2018

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada seorang aparatur Kanwil BPN Provinsi Gorontalo pada upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2018 tingkat Provinsi Gorontalo di halaman Kanwil BPN Provinsi Gorontalo, Senin (24/9). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2018 tingkat Provinsi Gorontalo yang digelar di halaman Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Gorontalo, Senin (24/9/2018).

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2018 mengambil tema ‘Tanah dan Ruang Untuk Keadilan dan Kemakmuran. Dalam sambutan tertulisnya Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil, mengamanatkan, tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun negara.

“Oleh karena itu Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Sistem Informasi Geografis Tata Ruang (Gistaru) yang bisa diakses oleh setiap orang, dengan harapan kesadaran masyarakat akan meningkat dan selanjutnya masyarakat bisa berperan aktif dalam penyusunan dan pengawasan rencana tata ruang,” kata Wagub Idris Rahim saat membacakan sambutan tertulis Menteri ATR/BPN.

Lebih lanjut Idris mengutarakan, Kementerian ATR/BPN juga telah melakukan modernisasi pelayanan untuk mendukung percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diharapkan pada tahun 2025 jumlah tanah yang terdaftar mencapai 126 juta bidang tanah. Percepatan ini bertujuan untuk mendukung pembangunan infrastruktur dalam rangka peningkatan produktivitas dan daya saing nasional serta berkembangnya investasi.

“Salah satu kegiatan penting dalam pembangunan infrastruktur adalah pelaksanaan pengadaan tanah yang harus dilakukan secara cepat dan pasti. Dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dan instansi lainnya sangat menentukan suksesnya pengadaan tanah,” ujarnya.

Upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2018 tingkat Provinsi Gorontalo diikuti oleh aparatur lingkup Kanwil BPN Provinsi Gorontalo, Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota, serta sejumlah undangan dari instansi terkait. Pada upacara tersebut Wagub Idris Rahim menyematkan Satyalancana Karya Satya kepada 17 aparatur Kanwil BPN Provinsi Gorontalo. Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Wagub Idris Rahim yang dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI