Ketua TP.PKK Gorontalo Dukung Festival Saronde Jadi Ajang Nasional

Ketua TP.PKK Provinsi Gorontalo (depan) di dampingi Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, saat menuju lokasi pembukaan festival pesona saronde, yang berlangsung di Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara. (Foto – Andika Humas)

KAB. GORUT, Humas – Festival pesona saronde mulai dibuka hari ini, (17/9/2018) yang berlangsung di pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara. Festival yang akan berlangsung sampai besok hari (red-18 September) ini dihadiri oleh berbagai unsur daerah termasuk Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah. Idah yang dalam kesempatan tersebut mengungkapkan dukungannya agar festival pesona saronde ini bisa masuk dalam salah satu ajang nasional

“Dari 17 event kalender yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo baru dua yang masuk di ajang nasional dan festival pulau saronde ini belum. Padahal jika dilihat hari ini dengan hadirnya wisatawan lokal maupun wisatawan asing, semoga saja selanjutnya bisa masuk ke ajang nasional,” kata Idah yang menyaksikan langsung pembukaan festival saronde

Mantan ketua TP.PKK Gorontalo Utara ini menambahkan penyelenggaraan festival seperti ini juga merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mempromosikan satu daerah atau destinasi pariwisata yang ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Apalagi festival pesona saronde ini sudah 10 tahun digelar oleh Pemkab Gorontalo Utara dan dari data yang saya terima setiap tahunnya pengunjung pulau saronde ini meningkat, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Tentu saja ini sejalan dengan 8 program unggulan pak Gubernur salah satunya yakni pariwisata yang mendunia,” tambah Idah

Terlihat kehadiran beberapa wisatawan asing dari berbagai negara dalam pembukaan festival pesona pulau saronde yang digelar oleh Pemkab Gorontalo Utara bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Dinas Pariwisata. (Foto : Andika Humas)

Untuknya Istri Gubernur Gorontalo ini berharap, festival festival seperti ini tidak hanya berakhir saat seperti ini. Akan tetapi seluruh pihak yang memiliki kepentingan harus terus mempromosikan seluruh  pariwisata yang ada di Gorontalo. Idah juga berpesan pada event event besar seperti ini, etika dan keramahan masyarakat penting dalam memuliakan tamu yang datang

“Kegiatan ini bisa memacu masyarakat lokal dalam mengembangkan kreativitas dan secara langsung terlibat dalam kepariwisataan. Saya sangat berharap ke depan pariwisata bisa menjadi gerbong penggerak ekonomi di Provinsi Gorontalo khususnya di Kab Gorontalo Utara,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan festival pulau saronde ini sejumlah agenda kepariwisataan digelar, seperti balap perahu tradisional yang diikuti nelayan, atraksi seni budaya, pemilihan Putra-putri Saronde, dan lomba fotografi.

Sejumlah yachter (kapal pesiar) dari negara negara tetangga sudah berada di daerah ini sejak 4 hari lalu. Kapal pesiar ini sudah berkeliling ke sejumlah obyek wisata di Gorontalo, termasuk ke wisata hiu paus di peraiaran selatan Gorontalo.

Pewarta : Echin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI