Belum Capai Target, Sekda Ingatkan OPD Terkait Segera Selesaikan Kendala

Pj Sekda , Anis Naki (tengah) memimpin rapat evaluasi penyerapan anggaran bulan Agustus yang diadakan di ruang Dulohupa Kantor Gubernur, Senin (17/9/2018). Ada 5 OPD yang tidak mencapai target serapan anggaran untuk Bulan Agustus . ( foto : Nova-Humas)

Kota Gorontalo, Humas – Sebanyak Lima OPD (Organisasi Perangkat Daerah) belum capai target penyerapan anggaran selang Bulan Agustus 2018. Hal ini terungkap dalam rapat pimpinan (rapim) evaluasi penyerapan anggaran APBD OPD Provinsi Gorontalo untuk serapan bulan Agustus 2018, di ruang Dulohupa Kantor Gubernur Gorontalo, Senin (17/9/2018).

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Anis Naki, mengingatkan agar OPD terkait segera menyelesaikan kendala yang menyebabkan target tidak tercapai.

“ Diharapkan kepada OPD yang masih di bawah target dan kegiatan kegiatan yang masih di bawah 50 (persen) harus segera berkoordinasi, mulai dari tingkat asisten hingga penanggung jawab sehingga permasalahan dapat segera didapatkan solusi antara OPD yang bersangkutan,” pinta sekda kepada OPD.

Lima OPD yang belum mencapai target yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan, Dinas PM, ESDM, dan Transmigrasi, serta Dinas Perumahan. Khusus Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo belum mencapai target keuangan sementara Dinas Kelautan, Dinas PM, ESDM, dan Transmigrasi, serta Dinas Perumahan belum mencapai baik target baik fisik maupun keuangan.

Deviasi terbesar untuk target keuangan ada pada Dinas Kelautan yaitu 23,06 dimana target 57,47 namun realisasi hanya mencapai 34,41. Sementara deviasi terbesar untuk target fisik ada pada Dinas Perumahan yaitu 13,79 dimana target fisik  59,81 namun realisasi hanya mencapai 46,02.

Secara keseluruhan, ada 29 OPD yang melampaui/mencapai target fisik dan terdapat  27 OPD yang melampaui/mencapai target keuangan.

Meski diakui oleh sekda jika secara total penyerapan anggaran bulan Agustus melampaui target, namun tetap mengingatkan kepada OPD yang tidak mencapai target agar segera menyelesaikan kendala yang ada.

Dalam kesempatan tersebut juga Anis Naki menyebutkan beberapa proyek yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Gorontalo Desember nanti. Beberapa proyek tersebut diantaranya peresmian kampus baru UNG, GORR (Gorontalo Outer Ring Road), PLTU Anggrek, bendungan Randangan. Khusus untuk GORR kata Anis, yang diresmikan baru fungsinya, sedangkan target penyelesaian fisik baru selesai 2019 nanti.

Mantan Asisten Pemerintahan ini juga menyampaikan pesan Gubernur Gorontalo tentang kondisi sekarang yang memasuki musim kemarau, agar SKPD lebih intens untuk turun ke masyarakat.

“ Gubernur mengingatkan kemarau memasuki bulan keempat. maka kepada semua SKPD diminta menyiapkan semua hal hal yang berkaitan dengan kemungkinan kebakaran,” tandas Anis.

Rapim diikuti oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi, dan seluruh OPD lingkup Pemprov Gorontalo.

Pewarta : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI