Gorontalo Bakal Jadi Pilot Project Pengusaha Desa

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) berpelukan dengan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita saat berkunjung ke kantor Kemensos RI, Jakarta, Senin (10/9/2018). Selain membahas persiapan pelaksanaan HKSN 2018 yang akan dipusatkan di Provinsi Gorontalo tanggal 20 Desember mendatang, Gubernur Rusli menyerahkan proposal pengembangan KUBE dan rumah singgah untuk mengatasi masalah sosial. (Foto: Badan Penghubung Jakarta).

JAKARTA, Humas – Kementrian Sosial RI berencana menjadikan Provinsi Gorontalo sebagai pilot project Pengusaha Desa yang dibina melalui program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita di kantornya, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Dipilihnya Provinsi Gorontalo sebagai percontohan tidak terlepas dari kesungguhan dan komitmen pemerintah dalam membina dan mendampingi KUBE hingga menjadi usaha yang sukses. Beberapa jenis KUBE yang dibina selama ini yakni KUBE pesisir, KUBE pedesaan dan KUBE perkotaan.

“Di setiap kabupaten/kota beragam jenis KUBE yang diberikan melalui Kementrian Sosial bergantung kondisi masyakatnya. Jumlahnya ada lebih kurang dua ribuan kelompok,” kata Kadis Sosial Risjon Sunge usai mendampingi gubernur pada pertemuan tersebut.

Lebih lanjut kata Risjon, Gubernur Rusli menyampaikan keinginannya untuk menggunakan tenaga ahli sosial untuk melakukan pendampingan KUBE di pedesaan. Salah satunya dengan memanfaatkan alumni dari Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial di Bandung Jawa Barat.

“Melalui program Sarjana Masuk Desa pak gubernur berharap dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat berdasarkan disiplin ilmu yang telah mereka peroleh. Setiap tahun kita terus mengirim putra-putri terbaik ke sekolah itu. Sekarang jumlah alumninya sudah mencapai lebih kurang 75 orang,” imbuh Risjon.

Pada pertemuan dengan Menteri Sosial tersebut, Gubernur Rusli ikut menyerahkan proposal bantuan untuk program sosial di Gorontalo. Di antara program untuk pengembangan KUBE, program penyediaan sarana dan prasarana rumah singgah untuk anak-anak terlantar, gelandangan, pengemis dan anak yang berhadapan dengan kasus hukum.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI