Gubernur Gorontalo Raih Baznas Awards 2018

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), menerima trofi dan penghargaan Baznas Award 2018 untuk kategoti Kepala Daerah Pendukung Kebangkitan Zakat dari Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, di aula HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jakarta, Jumat (7/9). (Foto : Istimewa)

JAKARTA, Humas – Gubernur Gorontalo meraih penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award tahun 2018 untuk kategori kepala daerah pendukung kebangkitan zakat. Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada malam penganugerahan Baznas Award 2018 yang digelar di aula HM. Rasjidi, Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Wagub Idris Rahim usai kegiatan tersebut mengatakan, penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo untuk terus memacu kebangkitan zakat di Provinsi Gorontalo. Idris mengutarakan, Pemprov Gorontalo memiliki komitmen yang besar dalam kegiatan pengumpulan zakat. Hal ini ditunjukkan dengan pemberlakuan aturan untuk pengumpulan zakat sebesar 2,5 persen dari penghasilan aparatur di lingkungan Pemprov Gorontalo.

“Aturan zakat 2,5 persen ini sudah lama kita berlakukan, sejak periode pertama pemerintahan saya bersama pak Gubernur Rusli Habibie, yang terus kita lanjutkan hingga saat ini. Manfaatnya sangat besar bagi masyarakat miskin yang wajib menerima zakat, dan juga sangat membantu pemerintah dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo,” kata Idris.

Sementara itu Ketua Baznas Bambang Sudibyo dalam sambutannya pada penganugerahan Baznas Award 2018 mengatakan, Baznas Award bertujuan untuk mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional, mempererat tali silaturahmi antara Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ), serta memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global. Dirinya berharap, Baznas Award dapat memberikan semangat kepada seluruh stakeholder dalam membayar zakat sebagai salah satu syariat Islam.

“Harapan kami, Baznas Award yang bertajuk ‘Kuat Karena Zakat’ ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunai perzakatan,” ucap Bambang.

Kategori Baznas Award tahun 2018 antara lain, pertumbuhan penghimpun Zakat Infaq Sedekah (ZIS) terbaik, pendistribusian dan pendayagunaan ZIS terbaik, program pemberdayaan ekonomi terbaik, laporan tahun terbaik, serta Baznas dan LAZ terbaik. Selain itu ada juga penghargaan untuk Kepala Daerah Terbaik, Unit Pengelola Zakat (UPZ) terbaik, muzaki badan terbaik, muzaki individu terbaik, media pendukung kebangkitan zakat, serta tokoh pendukung kebangkitan zakat.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI