Kampanyekan Gemar Membaca, Dinas Arpus Pilih Duta Baca

Tujuh orang kandidat Duta Baca Provinsi Gorontalo foto bersama sebelum mengikuti pemilihan Duta Baca yang digelar oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Senin (20/8/2018). Agus Lahinta (dua kanan) terpilih sebagai Duta Baca Provinsi Gorontalo 2018. (Foto: Istimewa).

KOTA GORONTALO, Humas – Guna mengkapanyekan gerakan membaca di kalangan masyarakat, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Pemprov Gorontalo menggelar Pemilihan Duta Baca, Senin (20/8/2018).

Acara yang digelar di dinas setempat tersebut menghadirkan tujuh orang kandidat yang terdiri dari unsur entertainment, media, mahasiswa dan unsur pemuda.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh Duta Baca, di antaranya berdomisi di Provinsi Gorontalo, merupakan public figure dalam kegiatan pembudayaan kegemaran membaca serta berusia 18 – 20 tahun.

“Peserta juga harus memiliki kesenangan membaca buku atau sumber bacaan, mempunyai perpustakaan keluarga. Peserta harus memiliki kebiasaan membaca buku minimal 2 kali 15 menit setiap hari atau 20 halaman atau dua judul buku perbulan,” terang Kabid Perpustakaan Cahyono Tayabu.

Tiga orang dari unsur akademisi kampus dihadirkan sebagai juri yakni Dr. Joni Apriyanto, Msi, Dr. Rustamrin Akuba, MS serta Dr. Sukardi Gau, M him. Tujuh orang kandidat melewati tes administrasi dan wawancara sebelum ditetapkan sebagai pemenang.

Hasilnya, Agus Lahinta selaku akademisi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sekaligus seorang pengusaha terpilih menjadi Duta Baca Provinsi Gorontalo tahun 2018. Di urutan kedua dan tiga yakni Agussianton Djue dan Elbananda Susanto.

Pewarta: Suleman – Dinas Arpus

Editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI