Gubernur Kukuhkan Paskibraka Provinsi Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) memasang kendit kepada salah seorang anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo pada prosesi pengukuhan, Kamis (16/8/2018). Sebanyak 32 siswa-siswi terbaik dari 6 kabupaten/kota dipercaya sebagai pengibar bendera bersama anggota TNI dan Polri lainnya pada Upacara HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2018 nanti. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Gorontalo bertempat di gedung Belle li Mbui, Kota Gorontalo, Kamis (16/8/2018). Turut hadir Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim unsur Forkopimda lainnya.

Sebanyak 32 putra-putri terbaik dari 6 Kabupaten/Kota dipercaya untuk mengibarkan bendera pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus besok.

Pengukuhan diawali prosesi mengheningkan cipta serta cium bendera Merah Putih. Selanjutnya mereka dikukuhkan oleh gubernur dan dilanjutkan dengan pemasangan kendit dan pin secara simbolis.

“Dengan memohon rido Allah yang Maha Kuasa, pada hari ini saya mengukuhkan saudara saudari sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara,” ucap Rusli pada prosesi pengukuhan.

Gubernur Rusli bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkipimda) selanjutnya memberikan ucapan selamat dan foto bersama. Orang tua anggota Pasikbaraka yang hadir nampak haru dan bangga melihat anaknya didaulat menjadi pengibar bendera.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) memberikan ucapan selamat kepada anggota Paskibraka Provinsi usai dikukuhkan di gedung Belle li Mbui, Kota Gorontalo, Kamis (16/8/2018). (Foto: Salman-Humas).

Sementara itu penanggungjawab Paskibraka tingkat Provinsi Gorontalo Aswin Pahrin menjelaskan, proses pemilihan 32 anggota Paskibraka dilakukan secara ketat dari usulan enam kabupaten/kota. Dari 90 orang yang diusulkan hanya 34 orang yang terpilih.

“Dua orang kami utus untuk menjadi Paskibraka di tingkat pusat, sementara 32 siswa-siswi lain sebagai Pasikbaraka provinsi,” jelas Aswin.

Aswin menjelaskan belum menentukan siapa yang akan didapuk sebagai pembawa baki, pengerek dan pengibar bendera. Penentuan tiga orang terpilih baru akan dilakukan pukul 10 malam dengan memperhatikan masukan dari pelatih dan panitia lainnya.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI