Pengelola Persediaan Dibekali Pengetahuan Akuntansi Persediaan Berbasis Akrual

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan arahan pada pembukaan Workshop Akuntansi Persediaan Berbasis Akrual di Karebosi Condotel, Makassar, Kamis (9/8). (Foto : Istimewa)

MAKASSAR, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar workshop akuntansi persediaan berbasis akrual. Workshop yang diikuti oleh seluruh aparatur pengelolaa persediaan utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Gorontalo dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di Karebosi Condotel, Kota Makassar, Kamis (9/8/2018).

Dalam sambutannya Wagub Idris Rahim mengutarakan komitmen Pemprov Gorontalo untuk terus melakukan pengelolaan keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Untuk mendukung hal tersebut, Idris mengemukakan pentingnya dukungan sumber daya aparatur yang terampil dan profesional.

“Oleh karena itu secara terus menerus kita berupaya untuk meningkatkan kapasitas pengelola keuangan melalui berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur pengelola keuangan,” ucap Idris.

Lanjut kata Idris, dalam Standar Akuntasi Pemerintah (SAP) Berbasis Akrual yang telah ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 dan mulai dilaksanakan pada tahun 2015, terjadi banyak perubahan yang cukup signifikan dalam komponen laporan keuangan. Jika sebelumnya laporan keuangan hanya terdiri dari empat komponen, pada SAP Berbasis Akrual menjadi tujuh komponen. Ketujuh komponen tersebut yaitu Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Arus Kas (LAK), Laporan Operasi (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Laporan Perubahan SAL (LP-SAL), dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

“Implementasi SAP Berbasis Akrual ini memang lebih rumit, namun demikian kita harus siap, dan itulah tujuan dari pelaksanaan wokshop ini untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas sekaligus sebagai upaya kita untuk mempertahankan opini WTP yang telah kita raih,” tutur Wagub.

Workshop akuntansi persediaan berbasis akrual berlangsung selama dua hari, 9 – 10 Agustus 2018. Hadir pada pembukaan workshop, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Eko Wahyu Budi Utomo, Pelaksana Tugas Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Gorontalo, Iswanta, serta Kasubid Penghubungan Makassar, Moh. Agung Sugiarto.

Pewarta : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI