Kunker ke Gorontalo, Pangdam XIII/Merdeka Disambut Secara Adat

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang (tengah) bersama ibu Tiolinda Sari Manurung disambut secara adat mopotilolo oleh pemangku ada U Duluwo Limo lo Pohalaa (lima kerajaan adat Gorontalo) di VIP bandara lama Hasanuddin, Selasa (7/8/2018). Mopotilolo merupakan prosesi penyambutan tamu agung yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo. (Foto: Salman-Humas).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayor Jenderal Tiopan Aritonang bersama ibu Tiolinda Sari Manurung diterima secara adat Mopotilolo saat berkunjung ke Provinsi Gorontalo, Selasa (7/8/2018). Ini merupakan kunjungan perdana jenderal bintang dua itu pasca menggantikan posisi Pangdam sebelumnya Mayjen TNI Madsuni, pertengahan Juli lalu.

Mayjen Tiopan dan jajaran tiba Bandara Djalaluddin sekitar pukul 01.20 Wita dengan pewasat Garuda Indonesia. Rombongan kemudian dibawa dengan mobil menuju bandara lama untuk mengikuti rangkaian prosesi adat. Mopotililo merupakan upacara penyambutan bagi pejabat negeri yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyalami Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang saat tiba di VIP bandara lama Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo, Selasa (7/8/2018). Pangdam berkunjung ke Gorontalo untuk menghadiri berbagai agenda, salah satunya penutupan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dipusatkan di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. (Foto: Salman-Humas).

Prosesi adat diawali dengan upacara penyambutan di pintu gerbang dengan tarian Langga dari sejumlah tulai bala atau pasukan pengamanan adat. Panglima sudah ditunggu oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di ruang VIP.

Selanjutnya pemangku adat memberikan pesan pesan adat (tujai) dalam bahasa Gorontalo. Jamuan kue tradisional dan teh manis disuguhkan kepada panglima dan rombongan. Doa menjadi penutup prosesi adat sekaligus sebagai penanda bahwa panglima telah resmi diterima menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah.

Sejumlah pejabat TNI turut mendampingi Pangdam di antaranya Aster Kolonel Kav. Abdul Haris, Asops Kol. Inf. Suharto, Kaspendam Kolonel Inf. Andi S serta Kasmin Mayor Inf. Micky. Hadir pula Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw serta Dandim 1304 Gorontalo Kolonel Inf. Allan Surya Lesmana.

Pangdam XIII dan jajaran ke Gorontalo untuk mengahadiri berbagai agenda, salah satunya penutupan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dipusatkan di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo. Pihaknya juga berencana meninjau markas Korem 133/Nani Wartabone di desa Pulubala, Kecamatan Isimu, Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI