Guru SMA/SMK Ditantang Ciptakan Kader Muda Pariwisata

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie (tengah) didampingi Perwakilan Kementrian Pariwisata RI (Kiri) serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo (Kanan), berfoto bersama peserta Pendidikan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi Guru SMA / SMK se Provinsi Gorontalo. 250 orang Guru-guru SMA/SMK dilatih dalam bidang kepariwisataan. (foto : Andika- Humas)

KOTA GORONTALO, Humas –  Pariwisata menjadi salah satu dari delapan program unggulan Provinsi Gorontalo saat ini sehingga membutuhkan kader-kader muda dalam bidang pariwisata. Kader muda pariwisata dapat dididik melalui para guru.

“Harusnya di sekola- sekolah itu ada kurikulum pembelajaran tentang pariwisata. Ini kita lakukan agar anak didik itu tau , apa saja pariwisata yang kita miliki, lokasinya dimana, jarak dari tempat tinggal kita seberapa jauh. Ini yang perlu,” jelas Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie saat menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan Pendidikan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi Guru SMA / SMK se Provinsi Gorontalo yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo di Ballroom hotel Damhil UNG, Selasa,(7/8/2018).

Menurut Idah, peran serta guru – guru ini adalah progres yang sangat strategis untuk memperkenalkan kepada anak anak didiknya apa saja pariwisata yang ada di Provinsi Gorontalo. Guru – guru adalah tenaga pendidik yang selalu bisa membangun pola pikir anak didiknya.

“ Kegiatan ini mendorong percepatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata untuk mencetak tenaga profesional untuk pengembangan potensi pariwisata di Gorontalo,” tutur istri Gubernur Gorontalo.

Idah bahkan menekankan kepada semua peserta yang hadir, bahwa dalam pengelolaan pariwisata, tantangannya ialah konsistensi. Pariwisata itu merupakan proses panjang yang tidak instan, harus dikelola terus menerus, dan memerlukan daya tahan.

“Saya harapkan, guru guru bisa menghasilkan anak didik yang kompeten dalam bidang pariwisata. Dimana mereka bisa mempromosikan pariwisata kita, tidak hanya di tingkat lokal namun ke tingkat nasional bahkan ke mancanegara,” tandasnya.

Selain Idah Syahidah, pemateri lainnya dalam kegiatan tersebut seperti perwakilan dari Kementrian Pariwisata RI Baguslah Harahap, Aryanto Husain Kabid Ekonomi Bapppeda Provinsi Gorontalo serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini juga dihadiri oleh 250 peserta baik dari guru – guru SMA/SMK, perwakilan Dinas Pariwisata Kab/Kota dan undangan lainnya. Acara diakhiri dengan tanya jawab antara pemateri dengan peserta.

Pewarta : Ecin

Editor : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI