Ini Cara Gubernur Gorontalo Dorong Kreatifitas Siswa -Siswi SMK

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Idah Syahidah Saat Memberikan Secara Simbolis Voucher, Pada Perwakilan Siswa-Siswi Prakerian Tingkat SMK Se Provinsi Gorontalo (Foto : Hms Salman)

KOTA GORONTALO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie punya cara tersendiri dalam mendorong kreatifitas siswa-siswi SMK se Provinsi Gorontalo. Menurut Gubernur siswa – siswi SMK harusnya bisa jadi  seorang entrepreneurship (pengusaha) khususnya dalam memproduksi kerajinana tangan khas Gorontalo dengan tangan sendiri.

“Coba Saya usulkan Ibu Ketua Dekranasda bekerjasama dengan Kepala Sekolah SMK untuk memproduksi sendiri karawo dan upiah karanji kita. Mari kita dorong kreatifitas siswa siswi SMK dengan cara ini, mereka wajib menghasilkan kerajinan tangan ini sendiri,” kata Gubernur saat memberikan sambutan pada pembukaan Gebyar SMK 2018, yang berlangsung di halaman SMK 1 Kota Gorontalo, Rabu, (1/8/2018).

Gubernur meyakini cara ini tidak hanya bisa menambah kreatfifitas dan inovasi dari siswa – siswi SMK itu sendiri, akan tetapi semakin membuat keberadaan kerajinan tangan khas gorontalo ini menjadi semakin terkenal

“Dengan demikian ada banyak pihak yang di untungkan. Bayangkan saja upiah karanji kita sekarang harganya sudah mencapai 400 ribu perbuah. Karawo juga demikian, sesuai ukirannya maka semakin mahal harganya. UMKM kita meningkat, pengrajinnya juga dari siswa-siswi kita sendiri. Saya yakin gorontalo akan semakin hebat jika demikian caranya,” tambahnya

Gubernur dua periode ini bahkan berjanji akan membangun sebuah gedung baru yang berlokasi di SMK 1 Kota Gorontalo, sebagai ruang khusus praktek siswa dalam memproduksi karawo dan upiah karanji.

“Kita bangun dulu gedungnya, kemudian saya akan minta para guru-guru disini memanggil pengrajin upiah karanji dan karawo untuk mengajarkan siswa siswi disini. Kita mulai dari SMK 1 Kota Gorontalo dulu, sebagai contoh dimasing-masing SMK se Kab/Kota,” jelasnya

Dalam kesempatan itu pula, Gubernur yang di dampingi Ketua TPKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah bersama PLT Kepala Dinas Pendidikan,Kebudayaan dan Olahraga Ramla Habibie memberikan voucher masing-masing tiga ratus ribu kepada perwakilan siswa prakerin. Diakhir acara Gubernur juga meninjau beberapa stand pameran yang dibuat oleh siswa siswi SMK se Gorontalo.

 

Pewarta  : Hms Echin

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI