Pansel Umumkan Tiga Kandidat Sekdaprov Gorontalo, Ini Daftarnya!

Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Rauf A. Hatu (tengah) didampingi Kaban BKD Pemprov Gorontalo RIdwan Yasin (kanan) saat memberikan keterangan pers kepada awak media tentang hasil seleksi jabatan Sekdaprov, Senin (23/7/2018). Tiga nama hasil seleksi selanjutnya akan diusulkan ke Kemendagri untuk menentukan Sekdaprov definitif oleh Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Alfred-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Panitia Tim Seleksi (Pansel) calon Pejabat Tinggi Paratama Madya atau Sekretaris Daerah resmi mengumumkan tiga nama yang lulus dalam seleksi tahap akhir. Pengumuman disampaikan oleh anggota tim pansel Prof. Rauf A. Hatu didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ridwan Yasin, Senin (23/7/2018).

“Yang pertama bapak Darda Daraba beliau bertugas di Kementrian PU. Berikut pak Budiyanto Sidiki Kepala Bapppeda Provinsi dan pak Ishak Ntoma beliau menjabat Sekda Bone Bolango. Tiga nama ini akan diusulkan ke Presiden melalui Kemendagri,” terang Rauf A. Hatu.

Lebih lanjut Rauf menjelaskan, penentuan tiga dari tujuh nama diakumulasi dari total nilai yang diperoleh setiap kandidat. Ada tiga hal penting yang menjadi pertimbangan pansel yakni seleksi administrasi portofolio kandidat, tes kompetensi manajerial (assessment), penulisan makalah dan wawancara.

“Semua nilai kami akumulasi. Nilai psikologi itu ada dua, psikologi dan simulasi. Setelah itu kita lakukan penilaian makalah dan wawancara. Ada juka penilaian portopolio atau rekam jejak. Bagaimana dia pernah eselon II, pendidikannya baik formal maupun pendidikan teknis yang dilaksanakan oleh ASN,” imbuh akademisi Universitas Negeri Gorontalo itu.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ridwan Yasin menjelaskan, tiga nama yang telah ditetapkan selanjutnya akan diserahkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diteruskan ke Presiden. Tentang siapa nanti yang terpilih, semua diserahkan ke Kemendagri.

“Di sana (Kemendagri) nanti ada timnya. Mereka yang akan memproses hingga keluar satu nama Sekda yang di SK-kan oleh Presiden,” ungkap Ridwan.

Ridwan memprediksi waktu pelantikan Sekdaprov definitif akan memakan waktu satu bulan. Ia berharap, Sekdaprov dapat dilantik sebelum Penjabat Sekda Anis Naki pensiun tanggal 1 September 2018 nanti.

Pewarta: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI