Warga Padati Penukaran Uang Baru, 3,51 M Ludes Dalam 5 Jam

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memantau suasana penukaran uang baru yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo di rudis gubernur, Kamis (7/6/2018). Sebanyak Rp 3,51 miliar uang baru ditukar pada kesempatan tersebut. (foto : Salman – Humas )

KOTA GORONTALO, Humas – Jelang lebaran Idul Fitri, animo masyarakat Gorontalo untuk menukarkan uang baru sangat tinggi. Pelayanan penukaran uang baru yang dilakukan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Gorontalo, Kamis (7/6/2018) di halaman rumah dinas Gubernur Gorontalo langsung diserbu warga. Sebanyak Rp3,51 miliar uang baru dengan pecahan seribu rupiah, dua ribu rupiah, lima ribu rupiah dan sepuluh ribu rupiah ludes hanya dalam waktu sekitar lima jam.

Sejak pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 wita, masyarakat sudah berkerumun  untuk  mendapatkan nomor kupon antrian. BI menyiapkan kurang lebih 900 nomor antrian. Hanya sekitar satu jam, seluruh nomor antrian sudah habis dikantongi warga.

Kepala BI Perwakilan Gorontalo Ricky Perdana Godzali, mengatakan pada prinsipnya penukaran uang itu hanya dilakukan oleh masyarakat yang merupakan nasabah dari setiap bank kepada banknya masing-masing. Namun untuk bulan Ramadan dan dalam rangka menyambut  Idul Fitri, pihaknya melakukan penukaran langsung kepada seluruh masyarakat yang ingin  menukarkan uang mereka dalam bentuk pecahan uang kecil.

“Kita kali ini turun langsung ke lapangan, karena kita tahu bersama banyak sekali masyarakat yang ingin menukarkan uang mereka dalam pecahan kecil. Ini mungkin sudah menjadi tradisi menjelang hari raya idul fitri, jadi untuk mempermudah kita layani langsung di lapangan. Ini juga atas izin dari pak gubernur, bahkan beliau mengijinkan untuk menggunakan halaman rumah dinas ini sebagai lokasi penukaran,” jelas Ricky.

Melihat antusias warga yang begitu besar dan bahkan ada yang belum terlayani pada hari pertama, Bank Indonesia akan melakukan pelayanan serupa pada Jumat , 8 Juni 2018.

“Kita lihat masih banyak warga yang belum terlayani. Besok akan kita lanjutkan lagi, dibuka lagi dari jam yang sama pukul 8 pagi. Kita bekerjasama dengan 14 bank yang ada di Gorontalo, jadi pelayananya lumayan cepat. Hari ini kita ajak 7 bank, besok gantian lagi 7 bank. Biar semua bisa melayani masyarakat,” tambahnya

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang turut menyaksikan proses penukaran uang tersebut mengatakan sangat bahagia, karena tahun ini Provinsi Gorontalo sudah memiliki kantor Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo yang baru, yang dibangun di atas lahan sebesar 1 hektar dari tanah hibah Pemerintah Provinsi Gorontalo. Di kantor BI yang baru, sudah terdapat tempat penukaran dan penyimpanan uang khusus untuk masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Kita lihat sekarang sudah digunakan kantor BI Perwakilan Gorontalo yang baru sangat  besar dan megah. Ini bentuk kerjasama kita semua. Saya juga senang sekarang kita di Gorontalo sudah mempunyai tempat penukaran dan tempat penyimpanan uang baru di BI,” papar gubernur.

Rusli berpesan kepada masyarakat agar semua uang yang dimiliki jangan dihabiskan dalam waktu singkat.

“ Pergunakan uang untuk membeli segala sesuatu yang benar-benar sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan,” tandas gubernur.

Pewarta : Ecin

Editor : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI