Idah : Era Digital Beri Pengaruh Minat Baca Anak

Bunda PAUD Prov. Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie (kiri) dan Bunda PAUD Kab. Boalemo Rensi Makuta, berfoto bersama anak-anak PAUD usai penobatan Bunda PAUD Kab. Boalemo, Kamis (29/3) di Graha Putra Tunggal kecamatan Tilamuta.

Gorontalo – Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo yang juga Bunda PAUD Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie mengatakan, majunya perkembangan era digital memberikan pengaruh terhadap minat baca anak.

“Penggunaan gadget sering kali menjadi boomerang bagi anak terlebih jika mereka tidak bisa menggunakannya dengan benar,” jelas Idah saat menobatkan Rensi Makuta, istri Bupati Boalemo Darwis Moridu sebagai Bunda PAUD Kabupaten Boalemo, Kamis (29/3) di Graha Putra Tunggal kecamatan Tilamuta.

Menurut Idah anak-anak tidak boleh diajarkan membaca tetapi dilatih minat bacanya, sebab jika anak dibimbing minat bacanya maka anak akan suka membaca.
“Jika anak diajarkan membaca maka anak tersebut akan berpikir dan beranggapan bahwa membaca tidak menarik,” ungkap Idah.

Istri gubernur ini juga menuturkan, untuk menumbuhkan minat baca pada anak, bisa dengan mengenalkannya secara menyenangkan, mengajak anak bermain dan bernyanyi atau orang tua dapat memperlihatkan pada anak tanpa harus dibicarakan.

“Anak akan berpikir bahwa orang tuanya lebih mengedepankan buku dan secara tidak langsung menanamkan pemahaman buku itu penting. Mereka akan membaca dengan melihat orang disekitarnya sehingga bisa mengarahkannnya menjadi sebuah hobi,” jelas Idah.

Pada kesempatan tersebut, Idah menitip pesan kepada Bunda PAUD Kabupaten Boalemo yang baru dikukuhkan untuk lebih giat lagi membiasakan dan menumbuhkan minat serta budaya membaca pada anak-anak.

Pewarta/foto : Burhan
Editor : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI