Kajati Silaturahmi dengan Jajaran Pemprov Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah, kiri) saat menyambut silaturahmi Kajati Gorontalo Firdaus Dalwimar,SH beserta jajaran bertempat di rumah jabatan gubernur, Rabu (28/3). Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut di antaranya peran kejaksaan dalam mengawal dan mengamankan pemerintah dan pembangunan daerah melalui TP4D. (Foto: Salman-Humas).

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Gorontalo  Firdaus Dawilmar, SH beserta jajarannya menggelar silaturahmi dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Idris Rahim dan pimpinan OPD bertempat di rumah jabatan gubernur, Rabu (28/3).

Selain untuk perkenalan dirinya sebagai Kajati Gorontalo yang baru, pertemuan ini sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah daerah dengan pihak Kejaksaan Tinggi. Terlebih saat ini, kejaksaan diberi tugas untuk mengawal proyek pembangunan dan program kegiatan pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah melalui TP4D.

“Salah satu fungsi kejaksaan yakni sebagai Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D). Dari sisi kelembangaan kami (kejaksaan) menjadi bagian dari pemerintah cuma memang tugas pokoknya berada pada sisi yudikatif,” terang Firdaus.

Firdaus berharap bisa membantu pemerintah dalam hal pembangunan di daerah utamanya dalam hal pendampingan, pendidikan dan konsultasi hukum. Hal itu dipandang penting agar roda pembangunan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyambut baik silaturahmi Kejati dan jajaran. Rusli memandang peran kejaksaan sangat penting dalam membantu pemerintah dalam menjalankan program dan pembangunan.

Oleh karena itu, ia berharap peran TP4D tidak saja berada di akhir program atau sebagai evaluator, tetapi juga bisa dilibatkan dalam hal perencanaan dan pelaksanaan proyek proyek pemerintah.

“Kemarin saya sampaikan ke staf saya, jika memungkinkan TP4D dilibatkan dari perencanaan. Misalnya kenapa direncanakan jalan untuk dibangun, kenapa irigasi dll. Begitu juga proses pelelenangan. Kenapa si ini menang, kenapa itu tidak sehingga ketika ada komplain maka TP4D sudah tau,” jelas Rusli.

Hal senda juga diungkapkan oleh Wakil Gubernur Idris Rahim. Ia menilai silaturahim ini sebagai langkah awal yang baik untuk menjalin kemitraan dan sinergitas antar pemerintah dan kejaksaan.

“Saya sudah 18 tahun bertugas di Provinsi Gorontalo tapi baru kali ini ada Kepala Kejaksaan yang bersilaturahim dengan pemerintah. Ini tentu saja merupakan awal yang baik karena silaturahim itu menandakan bahwa pejabat itu ingin berhasil bertugas di suatu daerah,” tutur Idris.

Pada pertemuan tersebut gubernur mempersilahkan pimpinan OPD untuk berkonsultasi, bertanya dan menyampaikan permasalahan yang dihadapi selama ini. Sebagian besar menyampaikan tentang proses pengurusan izin di instansi masing-masing.

Pewarta/editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI