Usulan Nama Korem 133/Nani Wartabone Disetujui Kasad

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) foto bersama dengan mantan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito pada acara penyerahan pasukan kepada Pangdam yang baru Mayjen TNI Madsuni di Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/3). (Foto: Salman-Humas).

Usulan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie agar Komando Resort Militer (Korem) Gorontalo diberi nama Nani Wartabone disetujui oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono. Persetujuan tertuang dalam surat Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat (Perkasad) No. 6 tahun 2018 tentang Penataan Satuan dan Pembentukan Satuan Baru Jajaran TNI AD.

Beberapa poin dalam Perkasad tersebut di antaranya, Korem yang baru dibentuk tersebut diberi nama Korem 133/Nani Wartabone. Korem 133/Nani Wartabone akan membawahi 2 Kodim dan 1 Yonif.

Satuan di bawahnya yakni Kodim 1304/Gorontalo (ambil alih Kodal dari Korem 131/Santiago) dan 1 Kodim pembentukan baru (Kodim 1313/Pohuwato). Ada juga 1 Bataliyon Infanteri (Yonif) 713/Satyatama.

“Keputusan untuk pengoperasian Korem Gorontalo sudah ditandatangani Kasad tinggal menunggu pelaksanaannya. Jadi namanya Korem 133/Nani Wartabone,” jelas mantan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito usai serahterima pasukan kepada Pangdam baru Mayjen TNI Madsuni di Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/3).

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyambut baik keluarnya Perkasad tersebut. Menurutnya, pemberian nama Nani Wartabone sudah tepat mengingatkan jasa-jasa Nani Wartabone yang besar dan sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

“Kita perlu bersyukur bahwa pak Kasad memberi perhatian dan menerima usul gubernur untuk menjadikan Korem Gorontalo sebagai Korem Nani Wartabone. Ini merupakan bentuk penghargaan TNI kepada beliau sebagai pahlawan nasional yang berasal dari Gorontalo,” terang Rusli.

Rusli berharap dengan keluarnya Perkasad akan segera ditindaklanjuti dengan penunjukan Perwira Tinggi TNI sebagai Komandan Korem dan pengisian prajurit.

Korem yang beralamat di Desa Pulubala, Kecamatan Isimu, Kabupaten Gorontalo itu nantinya akan memperkuat pengamanan darat Gorontalo dari setiap ancaman teritorial. Selain itu, penambahan personil diharapkan dapat membantu pemerintah dalam berbagai program pembangunan di daerah.

Untuk saat ini, Provinsi Gorontalo baru memiliki 1 Kodim yakni Kodim 1304/Gorontalo. Kodim tersebut membawahi 1 kota dan 5 kabupaten. Ada juga Brigif 22 Otamanasa yang membawahi dua Yonif yakni Yonif 713/Satyatama dan Yonif 715/Motuliato.

Pewarta/editor: Isam

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI