Gerakan Pramuka Tetap Relevan Dengan Perkembangan Zaman

Idah Syahidah (tengah) saat memberi motivasi kepada para peserta Kemah Karakter Siswa SMK se Provinsi Gorontalo di di Aula Kampus Politeknik Gorontalo, Rabu (21/3).

Gorontalo – Gerakan pramuka untuk siswa SMK saat ini tetap relevan dengan perkembangan zaman. Demikian dikatakan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Gorontalo Idah Syahidah saat membuka Kemah Karakter Siswa SMK se Provinsi Gorontalo, Rabu (21/3) di Aula Kampus Politeknik Gorontalo.

Menurut Idah, gerakan pramuka ingin membangun manusia yang memiliki karakter dan membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat.

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo ini juga menyebutkan 9 pilar pembentukkan karakter manusia yang jika dijalankan dengan baik maka akan membentuk sebuah karakter yang kuat bagi seseorang.
Sembilan karakter yang dimaksud yaitu cinta Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, jujur, santun, dermawan, percaya diri/kreatif, adil, rendah hati dan toleransi.

Lanjut Idah mengemukakan pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai gerakan pramuka dalam pembentukkan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup.

“ Penghayatan dan pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka adalah hal sangat penting dalam gerakan pramuka, bukan hanya manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi juga pemuda yang luhur budi pekertinya serta generasi muda yang rukun dan kompak bersatu yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi,” imbuhnya.

Kemah pramuka SMK dalam program ekskul dikalangan siswa SMK ini diikuti 110 siswa SMK se-Provinsi Gorontalo serta guru pendamping sebanyak 55 orang dan akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 21-23 Maret nanti.

Pewarta/foto : Burhan
Editor : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI