Aksi Bersih Kanal Tamalate Libatkan TNI Dan Masyarakat

Dua anggota TNI dari Kodim 1304 Gorontalo membersihkan sampah di Kanal Tamalate, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (22/3)

GORONTALO – Peringatan Hari Air Dunia ke-26 tingkat Provinsi Gorontalo diisi dengan aksi bersih Kanal Tamalate di Kelurahan Oluhuta Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (22/3). Aksi bersih Kanal Tamalate melibatkan unsur TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 1304 Gorontalo bersama sejumlah komunitas masyarakat peduli sungai.

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengapresiasi aksi tersebut. Menurutnya, upaya seperti itu harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan untuk menjamin pelestarian lingkungan utamanya di daerah sumber air.

Lanjut kata Idris, ditengah kebutuhan masyarakat akan air bersih yang semakin meningkat, pelestarian dan perbaikan ekosistem alam harus dilakukan dengan melibatkan pemerintah, TNI, Polri, dan seluruh elemen masyarakat.

“Kalau ekosistem alam kita baik, secara otomatis air bersih dapat kita nikmati dengan mudahnya,” ujar Idris.

Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou secara khusus menyampaikan harapannya ke Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II dan Pemprov Gorontalo untuk membangun jogging track dan lampu bertenaga surya di bantaran Kanal Tamalate.

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), bersama Ketua TP PKK Prov. Gorontalo Hj. Idah Syahidah (kedua kanan) dan Bupati Bone Bolango Hamim Pou (kiri), melepas balon udara pada peringatan Hari Air Dunia ke-26 di Kanal Tamalate, Kamis (22/3)

“Kanal ini sangat penting bagi Pemerintah Bone Bolango dan Kota Gorontalo. Kami berharap BWSS dan Pemprov Gorontalo untuk membuat jogging track yang bisa difungsikan oleh masyarakat sekaligus sebagai upaya mengajak masyarakat mencintai dan melestarikan kanal,” tutur Hamim.

Pada peringatan Hari Air Dunia ke-26 tersebut, BWSS II melakukan penanaman 1.000 pohon di sepanjang bantaran Kanal Tamalate. Jenis pohon yang ditanam yaitu pohon buah, seperti mangga, nangka, sirsak, jambu, jambu mete, dan beberapa pohon pelindung seperti trambesi.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI