Pertama Kali ke Gorontalo, Mendikbud Disambut Adat Mopotilolo

Mendikbud Muhadjir Effendy (kanan) menerima payung adat yang diserahkan oleh salah satu pemangku adat Gorontalo dalam prosesi upacara adat Mopotilolo di VIP Bandara Djalaludin, Sabtu (13/1)

GORONTALO – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy tiba di bandara Djalaludin Gorontalo, Sabtu (14/1), pukul 16.15 wita. Kedatangan Mendikbud bersama rombongan disambut langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, sejumlah pimpinan SKPD Pemprov Gorontalo, serta unsur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Gorontalo.

Rangkaian penyambutan Mendikbud Muhadjir Effendy, dilanjutkan dengan upacara adat Mopotilolo di ruang VIP bandara Djalaludin Gorontalo. Upacara adat Mopotilolo digelar untuk menyambut setiap pejabat negara yang untuk pertama kalinya berkunjung dan menginjakkan kaki di bumi Gorontalo.

Prosesi adat Mopotilolo diawali dengan penyambutan di gerbang adat oleh sejumlah tokoh adat. Sambil diiringi oleh genderang adat dan lagu-lagu sanjungan, serta dikawal oleh pasukan adat, Mendikbud yang didampingi Wagub Idris Rahim berjalan menuju ruang pelaksanaan Mopotilolo. Setibanya di dalam ruangan, prosesi adat dilanjutkan dengan beberapa rangkaian acara adat, hingga diakhiri dengan proses “modua” yakni pembacaan doa.

Mendikbud Muhadjir Effendy (kedua kiri) didampingi oleh Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri) disambut dengan adat Gorontalo setibanya di Bandara Djalaludin, Sabtu (13/1)

Usai mengikuti upacara adat Mopotilolo, selanjutnya Mendikbud bersama rombongan bersilaturrahim dengan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) di kampus UMG Telaga, Kabupaten Gorontalo. Malam harinya Mendikbud membuka rapat kerja teknis di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.

Pada hari kedua kunjungannya di Provinsi Gorontalo, Minggu (14/1), Mendikbud Muhadjir Effendy akan meresmikan Unit Sekolah Baru (USB) di Kabupaten Pohuwato sekaligus bersilaturrahim dengan guru-guru se Kabupaten Pohuwato.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI