7,3 M Bantuan Nelayan Kota Gorontalo Cair

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan bantuan perikanan bagi nelayan di Kota Gorontalo, Jumat (29/12). Bantuan dengan total anggaran 7,3 Milyar Rupiah itu dalam bentuk kapal ikan 30 GT dan kapal 10 GT. Ada juga bantuan bagi penjual ikan tibo tibo senilai 20 Juta serta santunan Baznas senilai 50 Juta Rupiah.

Sebanyak 7,3 Milyar Rupiah bantuan untuk nelayan Kota Gorontalo dicairkan. Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertempat di TPI Tenda, Kota Gorontalo, Jumat (29/12).

Bantuan perikanan itu terdiri dari lima unit kapal nelayan kapasitas 10 Gros Ton (GT) senilai 2,25 Milyar, dua unit kapal nelayan kapasitas 30 GT senilai 5 Milyar Rupiah. Ada juga bantuan untuk pedagang ikan tibo tibo untuk empat orang senilai 5 Juta Rupiah, serta bantuan dari Baznas senilai 50 Juta untuk 500 orang.

Berbagai bantuan perikanan tersebut, kata gubernur Rusli, merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap pada nelayan. Hal ini sejalan dengan program Nawa Cita presiden Jokowi yang menginginkan Indonesia sebagai negara maritim hidup sejahtera.

“2/3 luas negara kita ini adalah laut. Pak presiden menginginkan kita tidak lagi membelakangi laut, tapi menghadap kelautan. Jadikan laut sebagai sumber kehidupan dan kesejahteraan,” ungkap Rusli.

Lebih lanjut kata Rusli, berbagai bantuan kapal tersebut diperoleh berkat hubungan dan komunikasi yang baik antara dirinya dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pujiastuti. Pemprov setiap tahun meminta alokasi bantuan yang jumlahnya mencapai 140 unit, namun hingga kini yang diberikan baru mencapai 34 unit.

“Di kota sudah kita serahkan sebanyak 14 unit kapal. Kami menginkan kapal yang diserahkan kapasitasnya 30 GT, tapi kesulitannya yakni pengurusan izin. Makanya kita turunkan menjadi 10 GT untuk kelompok nelayan. Sementara untuk perorangan kita bantu dari APBD dengan pengadaan kapal dengan mesin tempel 15 PK,” beber gubernur dari partai Golkar itu.

Selain bantuan kapal ikan, pemprov sejauh ini fokus untuk membantu para penjual ikan keliling. Rusli bertekad di tahun 2018 sudah tidak ada lagi penjual ikan menggunakan sepeda ontel. Caranya dengan mengalokasikan bantuan 2 unit sepeda motor berkotak pendingin untuk setiap kecamatan se Provinsi Gorontalo. Sebelumnya juga sudah puluhan sepeda ontel penjual ikan sudah diganti dengan sepeda motor berkotak pendingin.

Pewarta/editor : Isam

Foto : Salman

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI