Aplikasi e-Samsat, Kemudahan Bagi Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kedua dari kanan) menyaksikan penandatanganan kerjasama penerapan e-Samsat antara Dinas Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Gorontalo dengan Bank SulutGo di ruang Dulohupa kantor Gubernur Gorontalo, Kamis (9/11)

GORONTALO – Satu lagi inovasi yang dihasilkan Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi elektronik Samsat (e-Samsat), memberi kemudahan kepada seluruh wajib pajak untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

“Melalui e-Samsat, para wajib pajak tidak perlu lagi mengantri dan membawa uang tunai ke kantor Samsat. Pembayaran pajak sudah bisa dilakukan lewat Anjungan Tunai Mandiri (ATM), ataupun melalui transaksi online,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim saat melakukan soft lauching e-Samsat di ruang Dulohupa kantor Gubernur Gorontalo, Kamis (9/11).

Idris menuturkan, penerapan e-Samsat merupakan salah satu implementasi dari transaksi non tunai, dan sekaligus juga sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka pencegahan korupsi di Provinsi Gorontalo. Ditambahkannya, melalui aplikasi e-Samsat setiap wajib pajak memperoleh kepastian jumlah pajak yang akan dibayar.

“Berdasarkan supervisi dan pencegahan korupsi, KPK merekomendasikan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menerapkan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui e-Samsat selambat-lambatnya bulan ini, ujar Wagub.

Masih kata Idris, soft lauching atau peluncuran awal e-Samsat bertujuan untuk mengenalkan aplikasi elektronik pembayaran pajak kendaraan bermotor. Dari peluncuran awal ini diharapkan akan diperoleh masukan dan saran dari berbagai pihak terkait guna memperbaiki menyempurnakan kekurangan dari sistem elektronik tersebut. Direncanakan grand launching e-Samsat akan dilakukan bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-17 Provinsi Gorontalo pada 5 Desember 2017 mendatang.

Hari ini kita baru melakukan soft lauching dengan tujuan untuk memperoleh masukan untuk penyempurnaan e-Samsat. Insya Allah pada HUT ke-17 Provinsi Gorontalo nanti, e-Samsat akan diluncurkan secara resmi dan sudah bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat, pungkas Wagub Idris Rahim.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI