RS Ainun Habibie Selesai, Gubernur Janjikan Jadi Tipe B

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau salah satu ruangan di RS Hasri Ainun Habibie

GORONTALO – Setelah memastikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Hasri Ainun Habibie yang dibangun di eks Mall Limboto Kabupaten Gorontalo akan tuntas akhir tahun ini, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kembali menjanjikan untuk RS Ainun akan menjadi RS bertipe B atau rumah sakit rujukan.  Hal itu ditegaskan oleh gubernur yang kembali meninjau perkembangan pekerjaan pembangunan Rumah Sakit Ainun, Rabu (30/8).

“Seperti janji saya, akhir tahun semua akan segera selesai dan sekarang memang  RS Ainun ini masih tipe D. Akan tetapi mulai tahun depan akan kita usahakan menjadi tipe B. Semua dimulai dari perubahan administrasi keuangan RS Ainun akan berdiri sendiri dan tidak lagi berada di bawah Dinas Kesehatan,” kata Rusli pada kunjungan tersebut.

Lebih lanjut Rusli yang juga ketua DPD Golkar ini menambahkan, keberadaan rumah sakit bertipe B ini, dinilai akan sangat membantu masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

“Karena tipe B itu artinya rumah sakit ini akan menjadi rumah sakit rujukan di Gorontalo, baik dari masyarakat yang ada di provinsi, kabupaten/kota, maupun yang ada di daerah-daerah tetangga misalnya dari Sulawesi Tengah, Palu atau dari Sulut, Bolaang Mongondow yang sementara ini orientasinya ke RS Aloei Saboe. Jadi semua akan pindah ke RS Ainun dan tidak perlu lagi dirujuk ke Manado, Makassar atau Jakarta, sebab di rumah sakit ini sudah tersedia,” lanjut Rusli Habibie.

Sesuai janjinya Gubernur menjelaskan, RS Ainun Habibie nantinya memiliki 400 tempat tidur, lebih dari separuh atau sekitar 60 persen tempat tidur dikhususkan untuk masyarakat miskin.

“Dari 400 kamar tidur itu kita persiapkan untuk melayani masyarakat miskin, dan itu wajib baik bagi yang memiliki BPJS ataupun hanya memiliki KTP, semuanya gratis tidak perlu bayar, dan sekarang sudah ada yang bisa berfungsi khususnya untuk rawat inap anak, dan rawat inap pasien umum kurang lebih sudah ada 30 tempat tidur yang tersedia,”  tutupnya.

Salah satu ruangan di RS Hasri Ainun Habibie

RS Ainun Habibie merupakan salah satu program infrastruktur stratagis yang dibangun Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim. Peralatan rumah sakit ini dinilai cukup canggih, tenaganya profesional, dokter juga lengkap sesuai kebutuhan.

Rumah sakit ini dirancang moderen dengan pelayanan ekstra. Sejauh ini, RS Ainun Habibie telah melakukan pelayanan namun belum dalam skala besar. Saat ini, klinik mata Hasri Ainun Habibie menjadi unggulan di rumah sakit ini. Kurang lebih selama tiga tahun beroperasi telah melakukan operasi mata katarak dan screening mata katarak bagi kurang lebih 1000 warga Gorontalo secara gratis.

Pewarta : Ecin

Foto        : Salman

Editor      : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI