Akses Jalan Biluhu Terus Dipacu

GORONTALO – Di depan masyarakat Kec. Biluhu  Kab. Gorontalo yang hadir dalam kegiatan bakti sosial, Kamis (10/8), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berjanji untuk memacu pekerjaan pembangunan akses jalan dari Kota Gorontalo-Biluhu-Tangkobu sepanjang 85 kilometer.

“Untuk kesekian kalinya saya datang lagi kesini. Menemui masyarakat yang ada di Kec. Biluhu. Kali ini selain kembali meninjau progres jalan Biluhu, saya bersama tim melaksanakan bakti sosial merah putih dalam rangka HUT RI, dan saya bangga masyarakat disini semua rumah sudah memasang bendera merah putih,” kata Rusli.

Rusli kembali menjanjikan progres jalan Biluhu ini akan tuntas di periodenya yang kedua ini. Saat ini pekerjaan pembangunan sudah mencapai 39%.

” Saya berjanji kemerdekaan masyarakat Biluhu akan segera terealisasi. Kemerdekaan dalam artian jalan akses disini wajib tuntas sebelum periode saya berakhir,” tegasnya.

Rusli menambahkan status jalan Biluhu awalnya adalah jalan kabupaten, setelah itu diserahkan menjadi jalan provinsi untuk diperbaiki. Hanya saja karena terkendala

anggaran, Pemerintah Provinsi Gorontalo kemudian mengusulkannya menjadi jalan nasional pada tahun 2015. Dari satu sisi, terbukanya akses Biluhu sangat didambakan masyarakat setempat yang sudah lebih dari 60 tahun hidup terisolir karena persoalan akses. Sementara disisi lain  manfaatnya sangat besar karena akan mendorong potensi pariwisata, pertanian, dan perkebunan yang dimiliki daerah Biluhu.

“Kita melihat jalan ini begitu potensial dan sangat dibutuhkan masyarakat. Karena anggaran kita tidak mampu, kita berupaya mengusulkannya. Alhamdulillah mulai tahun 2016 kita dapat anggaran. Mudah-mudahan dua tahun kedepan sebelum masa kepemimpinan saya berakhir, ini akan segera kita tuntaskan,”  tambahnya.

Rusli menambahkan kedepan bila semua akses yang telah direncanakan ini sukses terealiasasi, maka seluruh wilayah Gorontalo akan terkoneksi sepenuhnya dan secara otomatis akan sangat menunjang pertumbuhan ekonomi Gorontalo.

“Mudah-mudahan ini bisa terealisasi. Yang saya butuhkan adalah dukungan masyarakat. Contoh untuk pembangunan akses Biluhu, bila ada lahan masyarakat yang terkena dampak pembangunan, tolong diserahkan. Nanti pemerintah akan ganti untung. Masyarakat akan mendapatkan manfaat besar dari pembangunan ini,” tandasnya.

Pewarta : Ecin

Foto        : Salman

Editor     : Asriani

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI