Perjuangkan Guru Non ASN, Gubernur Gorontalo Harapkan Prioritas Kemendikbud

Foto bersama para Gubernur penerima formasi dan hasil seleksi kompetensi dasar GGD

 

JAKARTA – Guru memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan. Ditemui usai menerima formasi dan hasil seleksi kompetensi dasar Guru Garis Depan (GGD) di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (16/6), Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie, mengungkapkan perlunya perhatian dan prioritas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam meningkatkan kesejahteraan guru non ASN atau guru tidak tetap.

“Kemendikbud juga harus memberikan perhatian kepada guru non ASN. Mereka telah lama mengabdi di daerah, dan kemampuannya pun tidak diragukan. Sehingga itu jika ada penerimaan CPNS guru, mereka ini harus diberikan prioritas,” tegas Rusli Habibie.

Lebih lanjut Rusli menuturkan, persoalan guru saat ini terletak pada pemerataan penempatan guru. Dirinya menilai, kondisi sekarang banyak para guru yang berada di kota ataupun di wilayah pusat pemerintahan, seperti di ibukota kabupaten ataupun kecamatan.

Kondisi ini diperparah lagi, setiap dibuka pengangkatan formasi guru di satu daerah, ratusan pelamar akan datang berbondong-bondong memperebutkan formasi yang sangat terbatas.

“Tetapi begitu mereka diterima dan statusnya menjadi ASN, mereka akan mengajukan pindah ke daerah lain, bahkan mengusulkan pindah ke jabatan struktural. Ini tidak boleh terjadi lagi, kalau guru ya tetap guru,” ujarnya.

Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie (berkopiah), berbincang dengan Gubernur Sulawesi Tengah dan Wagub Sulawesi Utara pada Rakor penyerahan formasi dan hasil seleksi GGD

 

Rusli berharap, penempatan GGD di wilayah Provinsi Gorontalo dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas anak didik khususnya di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar. Menurutnya, yang terpenting para GGD yang sebagian besar berasal dari luar Gorontalo, mampu beradaptasi dengan lingkungan dimana mereka ditempatkan, sehingga mereka akan merasa betah dalam melaksanakan tugasnya.

“Saya harapkan mereka akan betah bertugas di Gorontalo. Dengan kemampuannya, kita berharap anak-anak kita memperoleh pendidikan yang berkualitas,” tandas Gubernur.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI