Presiden Lantik Gubernur Rusli Habibie dan Wagub Idris Rahim

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim untuk masa jabatan 2017-2022, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/5) siang.

Pelantikan dilakukan bersamaan dengan empat pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya, yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan-Mohammad Lakatoni, dan pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

Kemudian pasangan Erzaldi Rosman-Abdul Fatah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung, serta Ali Baal Masdar-Enny Anggreny Anwar sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat. Selain kelima pasang Gubernur dan Wakil Gubernur tersebut, Presiden Joko Widodo juga melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau untuk sisa masa jabatan 2014-2019.

Dikutib dari situs Setkab.go.id, upacara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden kepada masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Merdeka. Kemudian Presiden dan Wakil Presiden diikuti oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik tersebut secara langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Usai pengambilan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serta pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan tamu undangan yang menghadiri upacara pelantikan.

Tampak hadir dalam acara pelantikan itu antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mantan Presiden RI B.J. Habibie dan Megawati Soekarno Putri, Menko Polhukam Wiranto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikono, Seskab Pramono Anung, Menteri PANRB Asman Abnur, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, serta kepala lembaga tinggi negara lainnya.

Penulis/Editor : Haris
Fotografer : Setkab

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI