Pemprov Gandeng IWAPI Tingkatkan Ekonomi Daerah

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo mendorong peran aktif dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Gorontalo untuk ikut  membantu upaya peningkatan ekonomi daerah. Hal ini di ungkapkan Oleh Sekertaris Daerah Provinsi Gorontalo Prof. Winarni Monoarfa pada peringatan HUT IWAPI Gorontalo ke-42, Sabtu, (25/3).

“Kita harapkan IWAPI dapat bersama-sama dengan pemerintah untuk menggenjot peningkatan ekonomi daerah khususnya dalam kapasitas sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),  agar bisa lebih maju dan berkembang dengan baik,” ungkap Winarni.

Lebih lanjut Sekdaprov mengatakan kerja sama pemerintah dan IWAPI diharapkan dapat melahirkan sintetis program untuk memacu sektor perekonomian. Mengingat saat ini jumlah UMKM di Provinsi Gorontlao ada sekitar 96 ribu. Dari total itu, sekitar 76 ribu di antaranya masih usaha kecil mikro.

“Sebagaimana rapat dengan Menko Perekonomian beberapa waktu lalu, sudah membuat banyak terobosan untuk memudahkan UMKM. Di antaranya khusus penyalurananggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Gorontalo mengalami peningkatan target di atas 400 persen. Selain itu UMKM skala mikro yang hanya mendapat bantuan Rp25 juta tidak lagi mendapatkan anggunan dari perbankkan,” lanjut Winarni

Winarni juga menambahkan peluang kerjasama sudah terbangun, tinggal bagaimana IWAPI melihat peluang tersebut dan dapat mewujudkannya, dan tentu saja di antara hal penting yang perlu dikerjasamakan tidak lepas dari upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain menyangkut UMKM,  Winarni juga mengajak IWAPI agar dapat berkontribusi untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata yang kini menjadi unggulan pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Bentuk kontribusi IWAPI dapat dilakukan dengan mengembangkan cendramata, kuliner, atau ole-oleh khas yang bisa mendorong daya tarik dunia pariwisata di Gorontalo,” tandasnya.  (Ecin – Tim Redaksi Humas)

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI