Tanggulangi Kemiskinan Dengan Sistem Padat Karya

Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, mengatakan Pemerintah Provinsi gorontalo memiliki komitmen yang tinggi dalam menurunkan angka kemiskinan di daerah ini.

Tetapi tentunya upaya pemerintah ini harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat termasuk koperasi. Dikatakan, kemiskinan adalah musuh bersama seluruh masyarakat.

Untuk menanggulanginya, Idris memaparkan perlunya konsep yang tearah dan terukur yang didukung oleh data yang akurat.

Persoalan data ini menurutnya sangat mendasar, karena selama ini data kemiskinan disetiap instansi semua berbeda-beda. Perbedaan tersebut kata Idris, berakibat terjadinya tumpang tindih pelaksanaan program pemerintah.

“Begitu banyak program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, baik pusat, provinsi dan kabupaten/kota untuk menanggulangi kemiskinan ini. Namun karena tidak adanya data yang akurat, program itu justru saling tumpang tindih. Kedepan saya punya pemikiran jika ada pendataan masyarakat miskin, tidak perlu diumumkan, karena orang mampu dan kaya pun pasti akan pura-pura miskin. Itulah yang menyebabkan data kemiskinan disetiap instansi berbeda-beda,” jelasnya dalam sebuah kesempatan.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menanggulangi kemiskinan menurut Idris, yaitu adanya Quick Program yakni program percepatan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan dengan sistem padat karya ataupun pelibatan masyarakat secara langsung dalam pelaksanaan program-program tersebut.

Yang tak kalah penting, harus ada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang sama. “Artinya, pikiran, sikap dan tindakan kita harus searah dan satu tujuan yakni berpihak kepada orang miskin. Jangan dalam lisan kita mengatakan berpihak pada orang miskin, tetapi dalam tindakan justru sebaiknya,” tegasnya. (rg-25)

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI