Seluruh Sawah Di Kota Gorontalo Dapat Benih Gratis

Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo, melalui Dinas Pertanian TP-H Provinsi Gorontalo, akan menyalurkan benih padi gratis untuk seluruh areal lahan sawah di Kota Gorontalo yang mencapai 850 Hektare (Ha).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian TP-H Provinsi Gorontalo Mulyadi, saat melaksanakan Panen Raya Jagung, bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dengan beberapa kelompok tani yang ada di Kelurahan Buladu Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo.

“Untuk Kota Gorontalo batuan disektor pertanian mencapai Rp13,9 Miliar, dimana bantuan tersebut, pengadaanya sementara berlangsung, dan dalam waktu dekat akan segera disalurkan,” Kata Mulyadi.

Ia menambahkan bahwa, komitmen Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, untuk terus membangun pertanian di Gorontalo ini dapat terlihat dari upaya serta perjuangan untuk mendapatkan anggaran dari ke kementrian pertanian, sehingga baik DAK termasuk APBD terus mengalami peningkatan.

Diantaranya adalah bantuan benih padi seluas 850 Ha, kemudian bantuan pengembangan padi organik senilai Rp352 juta, bantun benih Jagung seluas 50 Ha, bantuan Alsintan, bantuan pengembangan holtikultura seninali Rp814 Juta, fasilitasi usaha pengolaan dan pemasaran senilai Rp85 Juta.

“dan pengembangan sumber-sumber air untuk pertanian melalu DAK sekitar Rp12 Miliar,” Ujarnya.

Selain itu untuk melindungi kerugian petani padi sawah, dari kekeringan banjir dan hama penyakit, Gubernur akan mengasuransikan petani sawah di Gorontalo, seluas 20.000 ha, dari luas 32.000 Ha, luas baku lahan sawah di provinsi gorontalo.

Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan areal sawah yang sering terancam kekeringan, banjir di Kota Gorontalo seluas 285 Ha, dan Insha Allah seluruh areal ini akan dapat asuransi dari pemerintah.

Dimana premi yang harus dibayar, oleh petani sebesar Rp 36 Ribu/Ha, permusim dengan tanggungan asuransi, jika areal ini mengalami gagal panen atau kerugian diakibatkan oleh banjir dan hama penyakit, akan dibayar Rp6 Juta/Ha permusim.

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI