Gubernur : Dua Ruas Jalan Nasional Mulai Dikerjakan

Gorontalo (16/2) – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan bahwa, tahun ini dua ruas Jalan Nasional, baik yang diKabupaten Gorontalo maupun di Kabupaten Gorontalo Utara, mulai dikerjakan.

Upaya panjang, Gubernur Rusli Habibie, selama tahun 2015 untuk merubah status dua ruas jalan dari Jalan Provinsi menjadi jalan Nasional tersebut akhirnya membuahkan hasil, dimana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) khusus untuk jalan, Gorontalo mendapat sedikitnya Rp140 Miliar.

“Alhamdulillah tahun kemarin saya berhasil menyerahakan dua ruas jalan yang yang dulu menjadi tanggungjawab Provinsi, sekarang menjadi kewenangan pemerintah pusat,” Kata Rusli Habibie, Rabu.

Rusli menjelaskan, adapun ruas jalan tersebut adalah yaitu Jalan yang ada di Kecamatan Batudaa Pantai yaitu di Desa Biluhu-Tangkobu-Bilato, dan jalan Marisa-Tolinggula yang menghubunkang Kabupaten Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo Utara.

Untuk ruas jalan di Desa Biluhu-Tangkobu-Bilato, mendapat kucuran dana sebesar Rp100 Miliar, sementara untuk ruas jalan Marisa-Tolinggula sebesar Rp40 Miliar.

“namun pengerjaannya akan berkelanjutan, termasuk pembangunan beberapa jembatan di Batudaa Pantai,” Ungkapnya.

Rusli menjelakan penyerahan status jalan mejadi Jalan Nasional, karena jika mengharapakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi, pasti tidak akan pernah cukup, sebab medan pekerjaanya terlalu berat.

Untuk ruas jalan di Kecamatan Batudaa Pantai, banyak potensi yang ingin dikembangkan oleh Pemerintah Gorontalo, selain bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, dimana akses jalan untuk menjual hasil pertanian dan hasil laut tidak menjadi kendala lagi, termasuk juga disektor pariwisata.

Sementara untuk ruas jalan Marisa-Tolinggula, selain mempercepat akses kenderaan dari Marisa menuju Gorontalo Utara hingga Manado atau Toli-toli, dimana potensi hasil pertanian disana cukup melimpah, hanya saja masyarakat kesulitan untuk menjual hasil alam tersebut ke ibu kota Kabupaten.

“Saya berharap dengan terbuka akses jalan tersebut, ekonomi masyarakat akan terus meningkat,” Harapnya.

Bagikan Berita

Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

ARSIP BERITA

KATEGORI